Rabu, 05 Maret 2014

Gramedia Expo



Gramedia Expo Bandung

               Gramedia Expo merupakan Tipologi mix-used building dengan fungsi utama retail dan expo yang mendukung kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition). Dalam perancangan ini terdapat permasalahan-permasalahan, yaitu permasalahan tapak dengan terjadinya fenomena urban linkage, pemenuhan kebutuhan ruang yang luas dengan fungsi expo dengan kondisi lahan yang relatif kecil, dan permasalahan akses dengan adanya penggabungan dua fungsi yang berbeda.
               Rancangan yang dibuat untuk memenuhi permasalahan tersebut yaitu dengan menghadirkan sebuah ruang publik spasial dengan konsep massa bertumpuk (analogi tumpukan buku) yang memiliki layer-layer berdasarkan fungsi yang berbeda. Citra bidang sebagai struktur pun diperlihatkan selaras dengan folding architecture, juga memanfaatkan sirkulasi pedestrian berbentuk “ruang publik di dalam ruang privat” yang mempertinggi nilai jual komersial pada konteks bisnis sebuah properti.
               Kota Bandung yang mengalami perkembangan ekonomi, mendorong berkembangnya kegiatan MICE. Hal ini merupakan peluang bagi Gramedia Bandung untuk mengadakan ekspansi bisnisnya di bidang MICE dimana toko buku tetap menjadi tenant utama dari Gramedia. Untuk memenuhi kebutuhan ekspansi tersebut, maka dirancanglah bangunan Gramedia Expo Bandung.

Galeri












Tidak ada komentar:

Posting Komentar